Pengendaliaan Hama WBC Menggunakan Jamur Antagonis (Beauvaria bassiana)




Organisme pengganggu tanaman seperti hama, gulma, dan penyebab penyakit tanaman seperti virus, bakteri, dan jamur, adalah organisme yang selalu menganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Organisme-organisme tersebut harus dikendalikan untuk mencegah terjadinya kerusakan tanaman hingga menyebabkan gagal panen.

Hama wereng adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman petani dalam jumlah besar. Serangan hama wereng juga sering mengakibatkan gagal panen yang dialami petani pada satu lingkungan. Lahan petani yang bersebelahan atau dalam satu lingkungan biasanya akan diserang hama wereng secara bersamaan atau bergantian. Banyak petani yang putus asa dan memilih berhenti bertani sementara ketika serangan hama wereng terjadi.

Segala cara dilakukan oleh petani untuk mengendalikan serangan hama wereng, salah satunya dengan menggunakan pestisida kimia. Serangan wereng dalam jumlah besar berdampak pada penggunaan pestisida kimia dalam jumlah besar juga. Hal ini sangat berbahaya pada tanaman dan lingkungan, karena bahan-bahan kimia tersebut meninggalakan residu pada tanaman dan mencemari lingkungan sekitarnya juga dapat menimbulakan kekebalan atau resistensi hama wereng tersebut.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman tidak harus selalu dilakukan dengan menggunakan pestisida kimia,tetapi dapat menggunakan pestisida nabati yang bearsal dari jamur antagonis salah satunya menggunakan jamurBeauvaria bassiana.

Cara cendawanBeauveria bassianamenginfeksi tubuhseranggadimulai dengankontak inang, masuk ke dalam tubuh inang,reproduksidi dalam satu atau lebih jaringan inang, kemudian kontak dan menginfeksi inang baru.Jamur akan berkembang dalam tubuh inang dan menyerang seluruh jaringantubuh, sehingga serangga mati.Setelah beberapa hari kemudian seluruh permukaan tubuh serangga yang terinfeksi akan ditutupi oleh massa jamuryang berwarna putih.

Penggunaan jamur ini untukmembasmi hamadapat dilakukan dengan beberapa metode.Jamur ini bisa dipakai untuk jebakanhama.Adapun cara penggunaanya yaitu dengan memasukkanBeauveria bassianabeserta alat pemikat berupa aroma yang diminati serangga (feromon) ke dalam botol mineral. Serangga akan masuk ke dalam botol dan terkena spora. Akhirnya menyebabkan serangga tersebut terinfeksi.Caraaplikasilain yaitu dengan metode penyemprotan.


Share :