Pengenalan Tanaman Refugia




Akhir-akhir ini petani cenderung menggunakan pestisida sintetis secara berlebihan, berharap serangan OPT segera berkurang atau musnah. Usaha pengendalian hama tersebut semata-mata hanya ditujukan untuk memusnahkan organisme pengganggu tanaman, tanpa memperhatikan kaidah-kaidah ekologi seperti keseimbangan dan kestabilan ekosistem. Oleh karena itu cara pengendalian hama semacam ini harus segera ditinggalkan dan beralih ke konsep pengelolaan hama yang berwawasan ekologi, salah satunya dengan menggunakan tanaman refugia.

Menurut para ahli definisi refugia adalah pertanaman beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Refugia berfungsi sebagai mikrohabitat yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh alami.Bagi musuh alami, tanaman refugia ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber nektar bagi musuh alami sebelum adanya populasi hama di pertanaman.Suatu konsep pemecahan masalah yang dapat diterapkan dalam pengendalian hama adalah dengan cara menanam tanaman yang digunakan sebagai refugia sehingga konservasi predator dapat terus terjaga.

Jenis-jenis tanaman yang berpotensi sebagai refugia yaitu diantarnya : a. Tanaman hias contohnya bunga matahari (Helianthus annuus), bunga kertas zinnia (Zinnia peruviana),(Zinnia acerosa), (Zinnia bicolor), (Zinnia grandiflora), (Zinnia elegans),kenikir (Cosmos caudatus), b. Gulma contohnyababadotan (Ageratum conyzoides),Ajeran (Bidens pilosaL.), Bunga tahi ayam (Tagetes erecta), c.Tumbuhan liar yang ditanam atau yang tumbuh sendiri di areal pertanamanTumbuhan liar yang sengaja ditanam atau tumbuh dengan sendirinya di area pertanaman antara lain,bunga legetan(Synedrella nodiflora),pegagan(Centella asiatica),rumput setaria(Setaria sp.),rumput kancing ungu(Borreria repens), dankacang hias atau kacang pentoi(Arachis pentoi), d.Sayuran,Sayuran yang berpotensi sebagai refugia sekaligus bahan pangan antara lain kacang panjang (Vigna unguiculatassp. sesquipedalis), bayam (Amaranthusspp.)dan jagung (Zea mays).

 

Selain itu tanaman yang dijadikan sebagai refugia sebaiknya dipilih yang memenuhi kriteria antara lain : Pilih tanaman yang memiliki bunga dan warna yang mencolok, Regenerasi tanaman cepat dan berkelanjutan, Benih atau Bibit mudah diperoleh, Mudah ditanam, dan dapat ditumpang sarikan dengan tanaman pematang lain.


Share :